Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repo.unhi.ac.id/jspui/handle/123456789/100
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | IDA AYU PUTU INDAH KARTIKA DV | - |
dc.date.accessioned | 2019-10-12T04:04:10Z | - |
dc.date.available | 2019-10-12T04:04:10Z | - |
dc.date.issued | 2018 | - |
dc.identifier.uri | http://repo.unhi.ac.id/jspui/handle/123456789/100 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan karakter tertuju pada terwujudnya manusia masa depan yang menumbuh kembangkan nilai-nilai filosofis dan mengamalkan seluruh karakter bangsa secara utuh dan menyeluruh. Pendidikan juga selayaknya membentuk karakter kearah yang lebih baik. Pada peraturan pemerintah No.55 tahun 2007 tentang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan menyatakan pendidikan agama berfungsi untuk membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan agama sangatlah penting dalam membentuk karakter manusia, karena didalam pendidikan agama salah satunya pendidikan agama Hindu banyak terkandung ajaran-ajaran etika yang dapat mengarahkan peserta didik memiliki karakter yang baik dalam kehidupannya. Pembentukan karakter seharusnya sudah ditanamkan sejak dini, salah satunya pada saat anak memasuki sekolah di taman kanak-kanak (TK). Namun pada kenyataannya pendidikan karakter yang harus dibentuk dalam diri anak di TK, belum ditanamkan secara mendalam pada anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan belajar di Lembaga Paud khususnya pada TK saat ini, yang mana pendidikan di TK cenderung lebih menekankan pendidikan akademik seperti calistung (membaca, menulis, dan berhitung) dari pada pengembangan aspek pendidikan karakter berdasarkan pendidikan agama Hindu. Apabila pendidikan karakter bukan lagi menjadi pioritas utama yang harus diberikan pada anak usia dini baik dilingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Maka tidak heran jika anak usia dini saat ini, sudah berani melawan pada orang tua atau guru di sekolah, serta berkelahi dengan temannya sampai saling melukai. Melihat fenomena tersebut perlunya menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini untuk menghindari perilaku yang tidak baik. TK Dwijendra merupakan salah satu TK swasta bernuansa Hindu yang dalam kegiatan kesehariannya sangat kental dengan pendalaman ajaran pendidikan agama Hindu. TK Dwijendra memiliki salah satu tujuan dalam yaitu menanamkan budi pekerti kepada anak didiknya dengan memberikan pelajaran berupa pendidikan agama, serta mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Fokus masalah yang dapat dirumuskan dan dikaji dalam penelitian ini yaitu, sebagai berikut; 1) Mengapakah pendidikan agama Hindu dapat membentuk karakter anak pada TK Dwijendra di Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara? 2) Bagaimanakah penerapan pendidikan agama Hindu dalam membentuk karakter anak pada TK Dwijendra di Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara? 3) Bagaimanakah tanggapan masyarakat terhadap pendidikan karakter anak pada TK Dwijendra di Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Unhi Press | en_US |
dc.subject | Penerapan | en_US |
dc.subject | Membentuk Karakter Anak | en_US |
dc.subject | Pendidikan agama Hindu | en_US |
dc.title | PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK PADA TK DWIJENDRA DI DESA DANGIN PURI KANGIN, KECAMATAN DENPASAR UTARA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN AGAMA HINDU |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
I A Indah Kartika DV.pdf | 1.64 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.