Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repo.unhi.ac.id/jspui/handle/123456789/2047
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Ni Made Sukrawati | - |
dc.date.accessioned | 2022-01-24T05:51:41Z | - |
dc.date.available | 2022-01-24T05:51:41Z | - |
dc.date.issued | 2015-09-10 | - |
dc.identifier.uri | http://repo.unhi.ac.id/jspui/handle/123456789/2047 | - |
dc.description.abstract | Tuntunan ajaran agama Hindu banyak sekali dituangkan dalam bentuk cerita, baik itu berupa babad, cerita tantri, satua-satua Bali/dongeng, terrnasuk yang terpapar dalam epos besar Mahabharata dan terutama Ramayana. Di dalam cerita tersebut terkandung nilai-nilai pendidikan agama Hindu yang secara esensial dapat dipakai sebagai pedoman dan pegangan bagi umat Hindu untuk membangun karakter sebagai pengejawantahan sraddha dan bhakti kehadapan Tuhan, juga kepada sesama manusia dan lingkungan. Ramayana adalah salah satu epos Hindu karya agung dari Maha Rsi Valmiki. Ramayana terdiri dari tujuh kanda, yaitu: Bala Kanda, Ayodhya Kanda, Aranyaka Kanda, Kiskenda Kanda, Sundara Kanda, Yuddha Kanda, dan Uttara Kanda. Penelitian ini mengangkat kisah Aranyaka Kanda, yang pada intinya menceritakan perjalanan Rama kehutan dalam rangka menjalani masa pembuangan hingga akhirnya terjadi penculikan Sita oleh Rahwana. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab perrnasalahan mengenai : (a) Mengapa nilai pendidikan dalam cerita Aranyaka Kanda dapat mengembangkan karakter siswa ?; (b) Nilai pendidikan agama Hindu apa sajakah yang terdapat di dalam cerita Aranyaka Kanda ?; ( c) Bagairnanakah implementasi nilai pendidikan dalam cerita Aranyaka Kanda dapat mengembangkan karakter siswa?. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengkaji sebuah karya sastra dan menggali nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sehingga dapat diketahui dan diimplementasikan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Adapun Teori yang dipergunakan untuk memecahkan masalah penelitian adalah teori Hermeneutika, teori Nilai dan teori Behavior untuk menemukan nilai-nilai pendidikan karakter dan Agama Hindu dalam cerita Aranyaka Kanda. Penelitian ini berbentuk rancangan kualitatif secara deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, teknik dokumen dan teknik wawancara. Setelah data terkumpul, data kemudian di analisis dengan teknik analisis deskriptif interpretatif, sehingga akan didapat suatu hasil yang dapat menyingkap, mengungkap sekaligus menjawab rumusan masalah. Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh kesimpulan penelitian bahwa (I) cerita Aranyaka Kanda mengandung nilai pendidikan karakter, (2) Nilai pendidikan agama Hindu yang terkandung di dalam cerita Aranyaka Kanda meliputi :Nilai pendidikan Tattwa (filsafat), Susi/a (etika), upacara dan terutama nilai Satya (kesetiaan), (3) Nilai pendidikan karakter dari cerita Aranyaka Kanda meliputi nilai sopan santun, nilai religius, nilai cinta damai, nilai peduli social dan nilai tanggung jawab. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.subject | Implementasi, Karakter, Aranyaka Kanda. | en_US |
dc.title | Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dari Cerita Aranyakan Kanda di SD Suta Dharma Ubud Gianyar | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | ARTIKEL |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
LAP. PENEITIAN IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN.pdf | 3.44 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.